Posting kali ini saya akan membahas mengenai salah satu website yang saya kira kurang menarik design interfacenya. Saya bukanlah programmer yang handal, yang mempunyai keahlian dalam bidang Human Interaction Computer. Namun disini saya akan mengajak Anda untuk memberi komentar dan berpikir kritis terhadap design interface sebuah website. Disini kita akan bertindak sebagai user yang ingin mencari informasi dari website tersebut. Disini saya akan membahas khususnya tentang usability dari website ini, yaitu seberapa mudah user paham menggunakan website ini dari interface yang dimiliki oleh website tersebut. Saya mempunyai contoh website yang kurang begitu menarik. Silahkan Anda buka website http://akimee.com/. Amati dengan seksama website ini, lihat secara teliti menu-menu yang ditampilkan oleh website ini. Berikut tampilan awal website ini :
1. Coba anda lihat pada bagian atas halaman utama website tersebut, terdapat fasilitas searching untuk mencari item yang akan kita inginkan. Masalah yang muncul adalah keyword yang digunakan kode barang. Hal ini membuat bingung user, karena user harus mengetahui kode produk item yang akan dicari. Ini merupakan sesuatu hal yang useless, karena bukan mempermudah user tapi mempersulit.
2. “No Sign Up Means No Member” begitulah gambaran dari website ini. Ketika saya ingin melakukan transaksi untuk membeli barang tersebut, saya harus login terlebih dahulu, mendaftar sebagai member. Menurut saya ini tidak usability karena tidak semua user ingin menjadi member dari toko tersebut.
3. “Scroll sampai dapet”, gambaran ketika kita akan melakukan transaksi, kita akan mengentry identitas diri dan alamat pengiriman. Perhatikan gambar dibawah ini. Di samping label provinsi terdapat combo box daftar provinsi, di samping label kota juga terdaftar combo box daftar kota. Masalah yang muncul adalah daftar provinsi dan kota tersebut tidak diurutkan sesuai abjad. Hal ini mempersulit user ketika ingin mencari provinsi dan kota yang dicari. User harus melakukan scroll beberapa kali.
4. Setelah kita melakukan transaksi, coba Anda perhatikan di keranjang belanja Anda. Tampilan seperti gambar di bawah ini. Terdapat tombol update, menurut saya tombol ini tidak efisien karena kalau kita sebagai user yang awam, tombol ini tidak melakukan proses apapun, tapi sebenarnya tombol tersebut digunakan untuk mengupdate data yang kita beli. Alangkah baiknya kalau ada konfimasi bahwa data tersebut telah diupdate.
5. Produk yang ditawarkan banyak, tetapi indeks stok yang diberikan hanya beberapa produk saja. Sehingga bisa disimpulkan bahwa website ini kurang informatif.
Sekilas posting saya mengenai usability sebuah website, bagaimana website tersebut mudah dipahami oleh user. Semoga postingan ini bermanfaat buat Anda untuk membuat website yang usability dan learnability, yang pasti menarik juga. Mungkin Anda bisa menuangkan komentar Anda mengenai website yang saya bahas ini. Bagaimana menurut Anda?
6 Maret 2011 pukul 18.55
setelah mengunjungi webnya, iya bener bgt pada bagian penacariannya disana berdasarkan kode barang, sebagai pengguna kan kita ga tau apa aja kode barang di web tsb. Lebih nyaman pencarian berdasarkan nama barang saja.
untuk proses belanjanya di web tersebut cukup mudah di mengerti menurut saya, ya mungkin ada beberapa hal yang kurang nyaman bagi pengguna.